Bakuman (2015)

~ Bakuman ~


Note : Situs ini menyediakan link untuk mendownload film ini diakhir artike!

Selamat malam para pembaca!
Tanpa terasa sudah hampir kita memasuki pergantian tahun yang tinggal beberapa hari lagi. Dan sebelum tahun 2016 benar-benar meninggalkan kita dan tidak akan pernah kembali, author ingin mengabadikan momen lagi dengan menulis sebuah review film berjudul "Bakuman". Film ini mungkin jika ingin dibahas secara menyeluruh tidak akan selesai hanya dalam satu artikel saja namun author akan menyampaikannya secara singkat saja hehehe... Sebelum kita masuk pada pembahasan film ini ada baiknya kita simak lebih dahulu trailler'nya dalam video berikut ini check it out!



Bagi seorang pecinta komik atau manga saya pikir film ini sangat tidak akan terdengar asing, bagaimana tidak jika kita tau kalau film ini sebenarnya hasil adaptasi dari komik atau manga dengan judul yang sama. Bahkan serial komik Bakuman ini telah beberapa kali diadaptasi kedalam serial televisi yang ditayangkan hingga bermusim-musim. Serial manga ini sangat populer bukan hanya di Jepang tapi hampir diseluruh dunia, bagi seorang penggemar manga atau komik tidak afdhol jika hanya tau "One Peace", "Naruto" dan "Detectif Conan" tapi tidak pernah membaca serial manga "Bakuman" ini. Karena Bakuman ini adalah salah satu serial manga dengan penjualan terbaik nomor tujuh pada tahun 2011, dan berada diperingkat sepuluh terbaik pada tahun 2012, yang telah diterbitkan mencapai lebih dari 15 juta volume hanya dalam kurun waktu yang relatif singkat, hingga pada mei 2014 serial komik ini telah diterbitkan kedalam berbagai versi bahasa. Bakuman sendiri merupakan hasil karya dari Tsugumi Ohba dan Takeshi Obata. Pertama kali diserialisasikan pada tahun 2009 dalam Weekly Shonen Jump lalu mendapatkan adaptasi anime selama tiga musim, yang diproduksi oleh J.C. Staff dan mulai tayang pada 2 oktober 2010 di channel televisi NHK-E dan berakhir pada musim ketiga yaitu tepatnya 3 oktober 2015.
Takeru Satoh
as
Moritaka Mashiro
Ryunosuke Kamiki
as
Takagi Akito
Sama dengan cerita dalam komik ini, pada kenyataannya karya ini lahir dari persembahan Tsugumi Ohba sebagai pembuat ide cerita, dan Takeshi Obata sebagai penggambarnya. Serial ini juga telah diadaptasikan kedalam bentuk video game yang dibuat langsung oleh Namco Bandai Games, untuk Nintendo DS. Bahkan telah dibuat dalam versi novel dengan judul "Perfect Crime Party", sedangkan untuk versi filmya, kareakter dalam serial komik ini berhasil diperankan oleh Takeru Satoh sebagai Moritaka Mashiro dan Ryunosuke Kamiki sebagai Takagi Akito. Film yang dirilis pada 3 oktober 2015 ini ditulis dan disutradarai oleh Hitosi One (Moteki), film ini hanya dalam beberapa hari pada pekan pembukaannya telah berhasil merajai tangga box office Jepang diurutan pertama. Serta berhasil mencatatkan penghasilan sebesar 2,1 juta dollar Amerika dengan total keuntungan bersih sebesar 1,15 juta dollar US hingga pada 18 oktober 2015.
Film ini mengisahkan tentang dua orang siswa SMA semester awal, bernama Mashiro dan Takagi, yang secara kebetulan bertemu dalam satu kelas, dimana Takagi merupakan sosok yang sangat suka menulis cerita, sementara Mashiro adalah seorang remaja yang memiliki paman dengan latar belakang seorang pembuat atau penulis manga terkenal dizamannya. Meski dari kecil Mashiro telah menggambar tapi dia belum pernah menunjukkan kemampuannya tersebut
kepada orang lain. Sampai pada suatu hari secara tidak sengaja Takagi menemukan setumpuk gambar yang telah dibuat oleh Mashiro, Nah! inilah merupakan titik awal dari kedua siswa SMA ini untuk sepakat dan bercita-cita menjadi pengarang dan penulis manga terkenal. Meski pada awalnya Masihiro tidak berkeinginan demikian karena sejarah keluarganya yaitu, pamannya yang meninggal saat mengalami tekanan sebagai mangaka, yang kehilangan popularitas dari pembacanya.
Tapi berkat bujukan keras dari Takagi yang tiada hentinya untuk berkolaborasi menciptakan manga, serta beberapa insiden yang membuat Mashiro tidak bisa menolak terlebih saat hal tersebut membuatnya terjebak dengan Miho Azuki,yang merupakan gadis satu kelas mereka yang kebetulan disukai oleh Mashiro. Singkat cerita duet mereka pun akhirnya terbentuk.
Pada awal musim liburan sekolah, saat teman-teman sekelas mereka menikmati liburan, mereka justru memanfaatkan waktu tersebut untuk membuat karya manga pertamanya, berbohong kepada orang tua mereka dengan alasan tengah mempersiapkan diri mengahadapi suatu ujian disekolah. Diam-diam mereka menggunakan studio manga milik paman Mashiro yang sudah lama tidak digunakan untuk menciptakan manga.
Maka, setelah manghabiskan masa liburan mereka dengan menggambar manga, maka terciptalah manga hasil tangan mereka dan tepat sebelum hari sekolah dimulai mereka telah menyempatkan diri untuk mendatangi kantor editorial manga terbesar di Tokyo. Sebagai orang yang belum memiliki pengalaman sama sekali, mereka sempat mendaptakan beberapa kritikan terkait kekurangan karya mereka, meski demikian tapi secara tidak langsung mereka telah diberikan kesempatan untuk memperbaikinya, dan dalam waktu singkat mereka pun melakukan perbaikan lalu mengajukannya kembali.
Akhirnya, setelah berjuang untuk mendapatkan kesempatan masuk kedalam jajaran penulis manga terbaru, dan berhasil meraih salah satu posisi sebagai pengarang pendatang baru pada ajang pengenalan dan pengahargaan yang dilakukan perusahaan komik tempat mereka mendaftar, mereka masih harus kecewa karena diantara seluruh peserta pendatang baru hanya kerya mereka yang tidak berhasil lolos untuk diterbitkan sebagai serialisasi, dan itu menjadi
pukulan pada mereka, namun editor mereka tidak membuat mereka berkecil hati karena mereka diminta untuk segera membuat revisi dengan membuat kerya yang memang sesuai dengan karakter mereka sendiri. Karena sebelum menyerahkan revisi karya mereka, ia sempat melihat karakter terbaru rival mereka yang menurut mereka sangat kuat hingga akhirnya mereka memutuskan untuk menerapakan gaya yang sama, walau pada akhirnya karya mereka harus mengalami penolakan saat diseleksi.
Akan tetapi, tanpa mereka sangka disaat mereka mengalami penolakan secara tidak sengaja mereka kahirnya menemukan karakter manga mereka sendiri. Dan pertempuran baru pun dimulai sebagai seorang penulis manga atau komik. Untuk selanjutnya silakan saksikan sendiri keseruan mereka dalam mengarungi kegiatan untuk menjadi seorang manga sejati.
Setelah menyaksikan film ini, ada beberapa hal yang sangat menginspirasi dan membuat kita
akan mengetahui tentang arti sebuah kisah sederhana yang heroik, tentang meningkatkan karakter diri, persahabatan, dan perjuangan untuk sebuah kesuksesan. Penggambaran karakter antagonis dalam film ini pun sangat menarik, tidak mengherankan mengapa negara yang bernama Jepang ini begitu maju, karena orang-orang atau karakter rakyatnya dalam bersaing sangat jujur, secra sehat, dan sportif. belum lagi bahwa dalam film ini kita akan disuguhkan bagaimana sebenarnya kunci sukses orang-orang jepang itu, kita akan melihat kebiasaan dan budaya kerja mereka yang tidak menganut sistem individualisme melainkan mereka sangat menekankan sistem kerja dalam bentuk tim yang kuat. Semangat ini yang jarang dimiliki oleh negara-negara lain, khususnya Indonesia yang masih menganut budaya personalitas tinggi, jelous'isme (kecemburuan jika melihat keberhasilan orang lain), dan tidak memiliki keinginan untuk berbagai dalam hal kebaikan. Jadi, kesimpulannya adalah bahwa ini adalah salah satu film menginspirasi dari Jepang yang pernah author saksikan hehehe...(film yang direview oleh author sebenarnya harus memiliki kriteria yang masuk dalam kategori film-film dengan tingkat cerita yang kuat serta inspiratif, menyentuh, dan yang pastinya memiliki makna yang dalam). Dan buat anda yang penasaran tentang film ini berikut link video full movie yang telah saya siapkan untuk anda jika tertarik untuk mendownload, check this one klik ~> disini. (untuk mendownload dari fileRocks setidaknya anda memilki akun g-mail yang tersinkron dengan google drive yang anda gunakan saat hendak mendownload).

Oke, sampai jumpa dulu diartikel ini dan jangan lupa untuk membaca artikel yang lainnya, trus tinggalkan komentar anda dan yang pastinya nantikan artikel saya selanjutnya, bye-bye!!
Previous
Next Post »

Coming Soon !